Home » , » Tak Harus Blusukan Dan Pencitraan Terus, Gubernur Sumut Bergerak Tawarkan Hasil Tani Pada Singapura

Tak Harus Blusukan Dan Pencitraan Terus, Gubernur Sumut Bergerak Tawarkan Hasil Tani Pada Singapura

Written By PKS KOTA PADANGSIDIMPUAN on Rabu, 17 Juli 2013 | 13.56

gubernur sumut
Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho ST MSi  menawarkan berbagai potensi yang dimiliki Provinsi Sumatera Utara. Saat menerima kunjungan Dubes Singapura  Mr Anil, Gubsu mempromosikan dan mengajak  investor negeri Singa untuk berinvestasi di bidang pertanian.

Tawaran itu disampaikan Gubsu kepada Dubes Singapura di rumah Dinas Gubsu Jalan Sudirman No. 41 Medan, Senin (15/7/2013). Dalam pertemuan itu, Gatot menjelaskan tentang banyaknya peluang dan potensi di Provinsi Sumatera Utara  yang dapat dimanfaatkan kalangan pengusaha Singapura.

Kepada Mr. Anil, Gubsu  memaparkan potensi hortikultura Sumut yang saat ini sudah diterima pasar Singapura. Seperti diketahui komoditas sayur mayur dan buah-buahan Sumatera Utara saat ini banyak dijual di Singapura karena memenuhi standart quality maupun harga yang bersahabat.

" Jika berminat investasi, Pemprovsu siap membantu. Kita juga siap memberikan pelatihan bagi para petani agar menghasilksan produk pertanian yang sesuai standarisasi Singapura," kata Gubsu.
Pada pertemuan itu,  Dubes Singapore Mr. Anil mengatakan hubungan Indonesia dengan Singapora semakin membaik, tidak hanya di bidang ekonomi, tetapi juga bidang keamanan, dan kesehatan.
Dijelaskannya  Singapura tidak memiliki potensi alam yang begitu besar dibandingkan indonesia. Yang dimiliki Singapura hanya potensi sumber daya manusia. Kondisi ini membuat mereka harus mengimpor bahan makanan termasuk buah-buahan dan sayuran dari negara tetangga termasuk Sumatera Utara.

"Jadi hasil pertanian seperti buah dan sayur mayur untuk mencukupi kebutuhan masyarakat harus impor dari negeri lain, salah satunya Indonesia. Tetapi hasil pertanian Indonesia belum secara maksimal mengisi pasar Singapura. Ini menjadi PR saya langkah apakah yang menjadi penghambat apakah terkait harga, quality produk maupun standarisasi layak konsumsi produk yang perlu menjadi perhatian kita bersama," kata Anil.
Selain itu, lanjutnya, pemerintah Singapura juga menawarkan program pelatihan bagi PNS untuk bergabung dengan Singapore Corperation Programme untuk saling bertukar informasi.  Singapore Corperation Programme dibentuk Pemerintah Singapura  sebagai sarana  berbagi pengalaman dengan negara berkembang lainnya dalam menyediakan bantuan teknis pelatihan. Kunci keberhasilan program ini ialah terciptanya pemahaman kemitraan, kerjasama dan hubungan baik di antara negara-negara bertetangga di kawasan ASEAN.

Share this article :

0 komentar :

Posting Komentar



 
Support : Link | Link | Your Link
Copyright © 2017. DPD PKS KOTA PADANGSIDIMPUAN - All Rights Reserved