Home » » "Kemenangan itu Sudah Dekat" | Tadabbur QS Al-Baqarah 214

"Kemenangan itu Sudah Dekat" | Tadabbur QS Al-Baqarah 214

Written By PKS KOTA PADANGSIDIMPUAN on Jumat, 18 Oktober 2013 | 11.02



Oleh: Khairan M. Arif

Allah berfirman;

???? ?????????? ??? ?????????? ?????????? ???????? ????????? ??????? ????????? ??????? ??? ????????? ???????????? ???????????? ????????????? ???????????? ??????? ??????? ?????????? ??????????? ??????? ?????? ?????? ?????? ???????
????? ????? ?????? ??????? ???????

"Apakah kalian mengira bahwa kalian akan masuk surga, sebelum datang kepada kalian cobaan yg menimpa umat sebelum kalian? Mereka ditimpa kesusahan, penderitaan dan digoncang dgn berbagai cobaan dan ujian, sampai-sampai Rasul dan org-org yg beriman bersamanya berkata; "kapan akan datang pertolongan/kemenangan dari Allah? Katakan sesungguhnya pertolongan dan kemenangan itu sudah dekat" (Al-Baqarah; 214)

Bila melihat kondisi ujian dakwah sekarang, maka ayat ini seakan turun untuk menjawab dan mengilustrasikan kondisi umat Islam saat ini, mari kita renungi beberapa ibrah dalam ayat ini:

1. Ayat ini menginformasikan kondisi ujian dan fitnah dahsyat yang dihadapi Rasulullah dan Umat Islam, sampai-sampai seorang Rasulpun bertanya "kapan pertolongan Allah datang" karena seluruh kemampuan dan usaha sebagai manusia untuk menghadapi fitnah dahsyat itu telah dilakukan, sementara pihak musuh terus melakukan penyiksaan, penangkapan dan pembunuhan seakan pihak musuh semakin kuat dan tidak terkalahkan. Tapi pada detik-detik seperti ini, Allah memberikan kabar gembira, bahwa kemenangan sebenarnya sudah sangat dekat, Allah sengaja ingin melihat puncak kesabaran hambaNya sehingga layak mendapat kemenangan dariNya.

2. Terkadang Allah sengaja memperlihatkan kehebatan musuh pada umat Islam, seakan mereka tidak terkalahkan, kemampuan umat tidak mampu melawan musuh dan seterusnya, bahkan melahirkan keputusasaan, tujuannya adalah agar umat tidak lagi mengandalkan kemampuan diri sendiri dan semua materi dunia yg mereka andalkan selama, kecuali hanya pada Allah swt.

Dahsyatnya penderitaan digambarkan oleh Allah dalam surat Yusuf: 110 "sehingga para Rasul itu berputus asa dan mengira mereka akan didustakan.."

Ibnu Zubair bertanya kepada Aisyah ra, apa maksud ayat ini?

Aisyah ra menjawab, "Para Rasul itu tidak berputus asa, tapi karena cobaan dan goncangan penderitaan dan siksaan yang dihadapi umat saat itu luar biasa hebatnya, maka para Rasul itu takut para pengikutnya tidak sabar dan berbalik mendustakannya" (HR: Bukhari)

Pada saat kekhawatiran para qiyadah bukan lagi pada dirinya dan keluarganya, dalam menghadapi ujian di jalan dakwah, tapi kekhawatiran itu kepada kemampuan spiritual dan psikologis kader dan umat yang mungkin tidak mampu menghadapi fitnah, maka pada saat-saat seperti ini Allah akan menurunkan pertolonganNya.

3. Kemenangan itu menurut  Allah swt, bukanlah sesuatu yang sulit dan jauh serta tidak terjangkau, kemenangan itu menurut Allah adalah pasti dan waktunya sangat dekat dan bisa Dia berikan kepada umat dan para Da'i kapan saja, namun karena ujian yang berat goncangan penderitaan yg hebat, maka seakan-akan kemenangan dan pertolongan Allah swt itu menjadi lama, bahkan menimbulkan keputusasaan, sebagaimana surat Yusuf:110 di atas.

4. Pertolongan Allah dan kemenangan yg dijanjikaNya adalah suatu kepastian, namun Allah ingin melihat kapan syarat-syarat kemenangan dan pertolonganNya terpenuhi oleh para Da'i dan hambaNya, dan syarat itu tidak pernah melampaui kemapuan dan kekuatan manusia memikulnya, firman Allah: "Allah tidak membebani jiwa kecuali sesuai dgn kemampuannya". Maka kapan syarat-syarat itu tercapai, saat itu pula pertolongan Allah dan kemenangan akan datang.

5. Allah menjelaskan bahwa mengapa tidak mudah begitu saja memberikan kemenangan dan pertolongan kepada hambaNya, padahal mereka sudah disiksa, diusir, ditangkap dan dipenjara bahkan dibunuh? Karena surga yang Allah janjikan memang sesuatu yg tidak murah dan main-main, surga yang Allah janjikan adalah sesuatu yang sangat mahal dan berharga, yang dapat menghapus seluruh penderitaan di dunia ini dalam sekejap dan menggantinya dengan kebahagiaan dan nikmat yang abadi.

6. Ujian dan penderitaan dalam gerakan dakwah, bukanlah hal baru dalam Islam, bahkan penderitaan dan penyiksaan dalam dakwah sudah ada setelah Allah menurunkan Nabi Adam ke dunia. Oleh karenanya selama kehidupan dunia berlangsung dan  Al-Haq dan Al-Batil masih ada maka ujian, cobaan dan penderitaan tetap akan ada, sampai hari kiamat, demikian pula kemenangan dan pertolongan Allah juga akan tetap berlangsung.

Wallahu a'lam.
Share this article :

0 komentar :

Posting Komentar



 
Support : Link | Link | Your Link
Copyright © 2017. DPD PKS KOTA PADANGSIDIMPUAN - All Rights Reserved