Home » » Gatot Pujo Pimpin 1.973 Nelayan Pecahkan Rekor MURI

Gatot Pujo Pimpin 1.973 Nelayan Pecahkan Rekor MURI

Written By PKS KOTA PADANGSIDIMPUAN on Senin, 27 Mei 2013 | 10.48

 


pkssumut.or.id, MEDAN - Sebanyak 1.973 nelayan yang menarik jaring ikan sepanjang 2.013 meter di laut Belawan berhasil mencatat rekor pada Museum Rekor Indonesia (MURI), Kamis (23/5/2013).

Penghargaan rekor langsung diserahkan pihak MURI kepada Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho dan Danlantamal I Belawan Laksmana Pertama TNI Didik Wahyudi.

Kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Kebangkitan Nasional tersebut terselenggara atas kerja sama Pemprov Sumut bersama Lantamal I Belawan.

Gatot juga menyerahkan polis asuransi seumur hidup kepada 700 nelayan yang diwakili sembilan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) kabupaten/kota di kawasan Pantai Timur Sumatera.

Program asuransi bagi nelayan ini dijelaskan Gatot, merupakan wujud kepedulian Pemprov Sumut atas kesejahteraan nelayan di Sumut.

Pelaksanaan pemberian asuransi ini sudah memasuki tahun ketiga dan telah mengcover sebanyak 2.220 jiwa nelayan di Sumut.

Dalam kesempatan itu Gatot juga menyerahkan klaim asuransi kepada empat keluarga nelayan asal Sergai dan Tanjung Balai yang meninggal dunia, masing-masing keluarga mendapatkan Rp 35 juta.

Dalam kesempatan yang sama dilaksanakan launching buku panduan praktis tentang aturan dan tatacara bagi nelayan Sumut yang diterbitkan oleh Pemprov Sumut bersama

dengan Lantamal I. Lantamal juga meluncurkan majalah bertajuk Laut Biru yang terbit perdana dan banyak mengulas seputar dunia maritim.

Gubernur dalam sambutannya mengatakan kegiatan pencatatan rekor MURI menarik jaring ikan terpanjang di perairan Belawan Medan bukan sekedar seremoni, malainkan momentum baru untuk lebih peduli dan sungguh-sungguh dalam pemberdayaan masyarakat nelayan dan pesisir pada umumnya.

"Apalagi acara ini kita padukan dengan pemberian polis asuransi seumur hidup kepada nelayan yang merupakan bukti komitmen konkrit Pemprov Sumut dalam mengangkat harkat dan martabat nelayan. Begitu juga peluncuran dan pembagian buku panduan praktis nelayan merupakan kontribusi nyata Lantamal dalam melindungi nelayan Sumut," ujarnya.

Penarikan jaring sepanjang 2.013 meter oleh 1.973 nelayan kawasan pantai Timur di perairan Belawan berlangsung hampir setengah jam yang disaksikan diantaranya Manager Muri Jusuf Ngadri, Ketua DPRD Sumut, unsur FKPD, Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Sutias Handayani, Sekda Provinsi SUmut Nurdin Lubis, Ketua HNSI seluruh Sumut, para kepala SKPD lingkungan Pemerintah Provinsi Sumut, keluarga besar maritim, dan para nelayan. 

http://www.tribunnews.com
Share this article :

0 komentar :

Posting Komentar



 
Support : Link | Link | Your Link
Copyright © 2017. DPD PKS KOTA PADANGSIDIMPUAN - All Rights Reserved