Home » , » Gubsu: Hasil Kongres Jadi Referensi Membangun Kawasan Pantai Timur

Gubsu: Hasil Kongres Jadi Referensi Membangun Kawasan Pantai Timur

Written By PKS KOTA PADANGSIDIMPUAN on Senin, 27 Mei 2013 | 10.42


pkssumut.or.id, Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho,ST membuka secara resmi Kongres Masyarakat Pantai Timur Sumatera Utara yang diikuti 75 tokoh masyarakat dan kalangan intelektual kawasan tersebut di Siba Island, Kamis (23/5). Kongres ini membahas berbagai persoalan dan solusi dalam upaya memberdayakan potensi masyarakat di kawasan pantai timur provinsi ini.

Secara khusus, Gubsu meminta kepada kongres agar menghasilkan rekomendasi tentang apa-apa yang menjadi tugas Kepala Daerah di kawasan pantai timur Sumatera Utara nantinya, baik Gubsu maupun Bupati dan Walikota, untuk membangun kawasan yang selama ini masih dikeluhkan tertinggal ini.
�Kongres ini diharapkan dapat menjadi media membahas berbagai solusi atas berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat pesisir sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu referensi bagi Pemko/Pemkab maupun Pemprovsu untuk membangun kawasan pantai timur yang lebih baik lagi,� tambah Gubsu.
Selain Gubsu, acara pembukaan kongres yang berlangsung dua hari ini juga dihadiri Dan Lantamal I Laksmana Pertama TNI Didik Wahyudi, Sekda Provsu Nurdin Lubis, Plt Walikota Medan Dzulmi Eldin, Ny Sutias Handayani,  Pangkosek Hanudnas III, Kadis Perikanan dan Kelautan OK Zulkarnain SH, Kadis Pendidikan Sumut Drs M Zein M.Si, Kadis Kominfo Sumut Jumsadi Damanik dan Kepala SKPD Provsu lainnya.

Gubsu menjelaskan, secara geografis Sumatera Utara memiliki panjang pantai 1.300 km, dimana 545 km diantaranya berada di  pesisir pantai timur, sepanjang 375 km di pesisir pantai Barat dan 380 km di pulau-pulau terluar. Keberadaan pesisir yag begitu luas menurut Gubsu merupakan potensi yang patut disyukuri dan dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemakmuran masyarakat.

Gubsu berujar, kebijakan pembangunan selama ini berorientasi pada daratan dan memarginalkan kawasan maritime menimbulkan ketimpangan. Untuk itu, ujar Gubsu, sudah saatnya pembangunan tidak hanya berorientasi ke daratan, namun juga berorientasi ke lautan sehingga potensi besar yang ada di kawasan tersebut dapat mensejahterakan kawasan pesisir.

Ketua panitia kongres Drs H Haris Fadillah dalam laporannya menyebutkan, dalam kongres yang berlangsung dua hari ini digali berbagai pemikiran untuk melahirkan gagasan bagi pemberdayaan potensi sumber daya alam dan masyarakat di kawasan pantai timur Sumut. Dengan demikian, diharapkan dapat dicapai percepatan kemajuan perekonomian dan aspek-aspek lainnya di lingkungan masyarakat pantai timur secara keseluruhan. [Mandiri online]
Share this article :

0 komentar :

Posting Komentar



 
Support : Link | Link | Your Link
Copyright © 2017. DPD PKS KOTA PADANGSIDIMPUAN - All Rights Reserved