Home » , » Setelah Ada KPK, Kenapa Korupsi Malah Membahana Merajalela?

Setelah Ada KPK, Kenapa Korupsi Malah Membahana Merajalela?

Written By PKS KOTA PADANGSIDIMPUAN on Sabtu, 01 Juni 2013 | 14.53





@Setialesmana
jurnalis



Ada pertanyaan yg blm terjawab, mengapa setelah ada KPK, korupsi di negeri ini rasanya makin merajalela dan membahana?

KPK adl komisi pemberantasan korupsi, mnrt pendapat saya yg awam didalamnya terkandung tugas pencegahan korupsi, bkn hanya penindakan.

Sejak Sekolah Dasar saya selalu diajari pencegahan (preventif) jauh lebih baik dan efektif dibanding kuratif, sesuatu yg sdh terlanjur terjadi.

Kalau begitu, kenapa @KPK_RI tdk memperkuat tindakan pencegahan korupsi selain penindakan yg sdh terjadi? Pasti lbh efektif dan murah.

Murah dlm arti sesungguhnya (penggunaan anggaran negara) dan murah dlm arti biaya sosial (gonjang ganjing yg mengharu biru negeri ini).

Pencegahan dlm pengertian saya yg awam, tentu mudah dilakukan karena dlm banyak kasus didahului pengintaian dan penyadapan dlm waktu lama.

Jika memang sudah tahu (lewat penyadapan) ada orang2 yg berniat korupsi kenapa tdk sejak dini dicegah agar mereka urungkan niatnya.

Bisa dong KPK ancam mereka: "Hei kalian dlm pengawasan kami. Jika rencana tetap dijalankan siap2 dpt hukuman keras!". Bisa kan cara begitu?

Selain orang2 itu mikir & batalkan rencana mereka, dipastikan tdk ada kerugian negara krn korupsinya nggak jadi. Ini pendapat saya lho yg awam.

@KPK_RI juga bakal harum. "Wuih jangankan korupsi, baru niat saja orang udah takut lho sama KPK", begitu kira2 publik bicara.

Jika punya niat mencegah dan memberantas korupsi kenapa tdk dicegah agar tdk terjadi? Kan KPK selalu punya bukti awal kata Johan Budi.

Sekarang yg terjadi adl hingar bingar atau festivalisasi kata Bung @Fahrihamzah tapi korupsinya sendiri di negeri ini makin menggila dan berani.

Kalau penindakan itu dlm bentuk memberi efek jera bagi calon2 koruptor, lha yg terjadi koruptor makin marak, kerugian negara makin besar.

Jujur saya yg awam ini gagal memahami dimana dan kapan fungsi pencegahan korupsi dijalankan KPK? Padahal sdh duit rakyat yg guede.

Kenapa kemampuan hebat KPK dlm menyadap & mengawasi kelakuan pejabat publik tidak bisa digunakan utk tindakan pencegahan daripada festivalisasi?

Kalau KPK mencegah kejahatan korupsi tjd sebelum kejahatan itu terjadi, sy yakin banyak yg bertaubat dan berterimakasih sdh diingatkan!

Para calon2 koruptor yg tobat itu akan beryukur: "Ya Tuhan untung ada @KPK_RI yg memperingatkan kami shg tdk terjerumus ke jurang korupsi".

Nah, bagi yg udah diancam tapi tetap membandel itu yg harus dihukum keras dgn sekeras2nya, tapi tdk berarti mempermalukan keluarganya lho...

Sekali lagi ini pendapat saya yg orang awam yg gemas lihat leletnya penanganan korupsi dan maraknya korupsi baru spt diberitakan media.


*https://twitter.com/Setialesmana
Share this article :

0 komentar :

Posting Komentar



 
Support : Link | Link | Your Link
Copyright © 2017. DPD PKS KOTA PADANGSIDIMPUAN - All Rights Reserved