Home » » PKS: Jika Pilkada Hanya Ada Calon Tunggal Sebaiknya tidak Ada Pemilihan

PKS: Jika Pilkada Hanya Ada Calon Tunggal Sebaiknya tidak Ada Pemilihan

Written By PKS KOTA PADANGSIDIMPUAN on Sabtu, 25 Juli 2015 | 00.17

PKS Nongsa - Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Saduddin mengatakan jika hanya ada calon tunggal sebaiknya tidak ada pemilihan.

Selain itu, pihaknya juga meminta KPU agar jangan memaksakan pelaksanaan Pilkada serentak secara voting dengan calon tunggal.

"Usulan ini memang belum termuat dalam UU No.08 tahun 2015 tentang Pilkada, sehingga kami meminta agar DPR dan Pemerintah duduk bersama untuk menacari solusi," ujar pria yang akrab disapa Saad ini melalui siaran persnya, Jumat (24/7).

Saad menjelaskan UU Pilkada belum mengatur terkait calon tunggal ini, sehingga DPR dan Pemerintah diminta duduk bersama membahas kondisi ini.

Saad juga mengingatkan semua pihak mengenai Pancasila sebagai landasan dalam kehidupan berdemokrasi yang terkandung asas musyawarah dan mufakat.

"Janganlah kita menafikan salah satu nilai fundamental dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, jika memang itu hal yang terbaik. Apalagi jika dipaksakan hanya memunculkan pemborosan anggaran ," pungkasnya.

Seperti diberitakan, beberapa daerah seperti di Sulawesi Utara, Bojonegoro, Surabaya dan Pandeglang kemungkinan hanya ada satu pasangan calon.

Dalam peraturan KPU No.12 tahun 2015, disebutkan bahwa jika hanya ada satu pasangan calon, maka waktu pendaftaran calon akan diperpanjang selama tiga hari. Jika setelah waktu tambahan tidak juga ada pasangan calon lain, maka waktu pendaftarannya kembali diperpanjang selama tiga hari. Jika tetap tidak ada maka pelaksanaan pilkada di daerah tersebut ditunda periode berikutnya.(*)




Salurkan donasi anda untuk membantu rakyat Palestina melalui rekening BSM Nomor: 701 723 4204 a.n: KNRP Kepulauan Riau

Bagi yang ingin mengirim berita, tulisan/artikel bisa langsung ke e-mail: [email protected]

Untuk kemudahan akses informasi dari pksnongsa download aplikasi Android dan Blackberry


Share this article :

0 komentar :

Posting Komentar



 
Support : Link | Link | Your Link
Copyright © 2017. DPD PKS KOTA PADANGSIDIMPUAN - All Rights Reserved