Home » » Kapal Listrik dari Turki Bikin Indonesia Hemat Rp 350 M

Kapal Listrik dari Turki Bikin Indonesia Hemat Rp 350 M

Written By PKS KOTA PADANGSIDIMPUAN on Rabu, 09 Desember 2015 | 08.00


Pemerintah melalui PT PLN mendatangkan 5 kapal listrik dari Turki, kapal Karadeniz Powership Zeynep Sultan berkapasitas 120 megawatt.

Kapal-kapal pembangkit listrik ini akan disebar ke wilayah-wilayah krisis listrik seperti Amurang, Belawan, Lombok, Kupang dan Ambon. Satu dari 5 kapal sudah ada di Tanjung Priok dan telah diresmikan pengoperasiannnya oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa (8/12) dan akan segera dikirim ke Amurang, Minahasa, Sulawesi Utara. Sisa kapal sewa ini akan tiba 6 bulan ke depan.

PT PLN (Persero) mengaku bisa menghemat Rp 350 miliar per tahun dengan pengoperasian pembangkit terapung yang dibawa oleh Karadeniz Powership Zeynep Sultan.

"Kita bisa hemat Rp 350 miliar dari Amurang saja," kata Direktur Utama PLN, Sofyan Basir di lokasi parkir Kapal Karadeniz di IPC Car Terminal, Kalibaru, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (8/12/2015), lansir detikcom.

Sementara itu, Kepala Divisi Supply Chain Management PLN, Septa Hamid menjelaskan kapal tersebut mampu menghasilkan listrik 120 megawatt dengan menggunakan bahan bakar jenis Heavy Fuel Oil (HFO). Bahan bakar jenis lebih murah daripada BBM untuk Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD).

Penghematan tersebut diperoleh karena biaya pembelian listrik ini jauh lebih murah daripada membeli listrik yang dihasilkan oleh PLTD. PLN membeli listrik dari pembangkit terapung ini Rp 870 per kWh sedangkan harga listrik jauh lebih mahal diberi dari PLTD.

"Selama ini, pembangkit di Sulawesi Utara dan Gorontalo 40% masih pakai PLTD," tambahnya.

Saat ini, Sulut dan Gorontalo mengalami defisit sampai 60 megawatt. Rata-rata pemadaman terjadi hampir setiap hari. Dengan adanya pembangkit terapung dari kapal listrik Turki ini, defisit bisa diatasi bahkan jaringan Sulut dan Gorontalo mengalami surplus.

"Memang ada surplus suplai daya. Surplus kan nanti dipakai kalau ada pemeliharaan pembangkit lain dan kita perlu jaga saat beban puncak agar tidak ada pemadaman," sebutnya.


Share this article :

0 komentar :

Posting Komentar



 
Support : Link | Link | Your Link
Copyright © 2017. DPD PKS KOTA PADANGSIDIMPUAN - All Rights Reserved