Home » , » 7 Bekal Menjalankan Tugas Berat: Renungan Surat Al-Muzzammil

7 Bekal Menjalankan Tugas Berat: Renungan Surat Al-Muzzammil

Written By PKS KOTA PADANGSIDIMPUAN on Selasa, 05 Januari 2016 | 05.31


Ust. Abdul Wahid Surhim

1. 7 Bekal Menjalankan Tugas Berat: Inti surat al-Muzammil ada di ayat 5 (qaulan tsaqiilaa: perkataan yangg berat, tugas berat).

2. Karena itu harus dibekali dengan 7 Bekal utama: (1) shalat: shalat malam; jangan berkemul (muzammil) sepanjang malam, tapi bangun (qum) untuk shalat malam (lail).

3. 7 Bekal yang pertama ini diwajibkan selama 2 tahu menurut sebagian ahli tafsir. Ayat 2-4 seperti menggambarkan sedikitnya istirahat Rasul SAW karena dakwah.

4. Bekal (2): tilawah al-Qur'an dengan tartil, karena akan membantu dalam memahaminya. Rasul juga menganjurkan untuk membaca dengan suara indah.

5. Aisyah rah mengatakan bahwa bacaan Rasul terasa lebih lama dibanding orang lain.

6. Kenapa membacanya malam hari? Ini juga terkait #7Bekal (1). Ayat 6-7: waktu malam lebih tepat dan lebih berkesan (berdampak); siang: urusannya panjang.

7. Bekal (3-4): dzikrullah dan beribadah dengan penuh ketekunan (tabattul), setelah menyelesaikan urusan duniawi. Ini sepert dalam al-Insyirah ayat 7.

8. Bekal (5): tawakkal kepada Allah karena Dia adalah Tuhan masyriq dan maghrib, tiada Tuhan selain Dia. Hud ayat 123 dan al-Fatihah ayat 5 senada dengan ini.

9. Bekal (6-7): sabar dan menjauhi pendusta dengan cara yang baik, karena pendusta itu urusan Allah, Allah akan menangani sendiri para pendusta itu.

10. Setelah memiliki #7Bekal tersebut, sekali lagi, urusan pendusta itu langsung jadi urusan pribadi Allah. Ada 4 siksa yang menanti mereka: (1) belenggu-belenggu...

11. (2) neraka yang menyala-nyala, (3) makanan yang menyumbat tenggorokan, (4) adzab yang pedih.

12. Ingat, pendusta itu ada di sepanjang zaman, penuhi #7Bekal tersebut.

13. Semoga kita sukses menjalankan tugas-tugas berat kita degan bekalnya cukup: #7Bekal yang kuat.

14. Sekian, semoga bermanfaat.

*dari twitter @awahids

Share this article :

0 komentar :

Posting Komentar



 
Support : Link | Link | Your Link
Copyright © 2017. DPD PKS KOTA PADANGSIDIMPUAN - All Rights Reserved