Home » , » Curhat Dr. Warsito "Penemu ECCT" Usai "Divonis" Pihak Kemenkes

Curhat Dr. Warsito "Penemu ECCT" Usai "Divonis" Pihak Kemenkes

Written By PKS KOTA PADANGSIDIMPUAN on Minggu, 03 Januari 2016 | 08.44


Peneliti penyembuh kanker dengan teknologi Electrical Capacitive Cancer Treatment (ECCT), Dr. Warsito P Taruno nampaknya mulai pesimis jika teknologi yang saat ini sedang dikaji oleh pihak terkait bakal di luar harapannya.

"Indonesia saya kira berat. Saya tak yakin akan bisa tembus. Kalau riset sih di Indonesia akan jalan terus. Tetapi mungkin riset-risetan kali ya. Untuk bisa menjadi produk dan brand nasional perlu langkah kuat dari pengambil kebijakan," ungkapnya kepada Merdeka.com, Kamis (31/12).

Sebagaimana diketahui, berdasarkan hasil pertemuannya dengan pihak Kementerian Kesehatan (Kemenkes), beberapa waktu yang lalu, muncul tiga kesepakatan. Tiga kesepakatan itu di antaranya Kemenkes akan meninjau semua penelitian yang sudah dilakukan oleh pihaknya: in vitro, in vivo, studi kasus. Kedua, pihak Warsito tidak diperkenankan menerima pasien baru dan ketiga pihaknya masih boleh memberikan pelayanan pasien lama. Teknologi yang dirinya ciptakan itu direview oleh Balitbangkes, RS Dharmais, PERABOI, PORI, dan Kemenristek Dikti.

Warsito mengungkapkan, jika hasil kajian dari pihak terkait mengenai teknologinya itu mengecewakan, maka tak segan-segan ia akan membawa penelitiannya ke luar Indonesia.

"Satu-satunya pertimbangan yang berat yang harus saya lakukan adalah mengembangkannya terus di luar menjadi produk dan brand yang bukan punya Indonesia. Pertimbangan itu sudah ada sejak 3 bulan yang lalu, dokumen perjanjian yang terus saya pending sampai sekarang. Lost opportunity, buat masyarakat Indonesia, buat ekonomi Indonesia," jelasnya.

Baginya, keputusan negara mana saja yang akan ditunjuknya melanjutkan riset untuk menjadi sebuah brand dan produk, itu hal yang mudah. Kata Warsito, ada perwakilan dari banyaknya negara yang sudah mencoba untuk melobi agar dia mau melanjutkan risetnya lebih jauh lagi di luar Indonesia. Beredar kabar jika teknologi yang dimilikinya sangat digandrungi oleh Singapura dan India.

"Bukan hanya India dan Singapura yang tertarik. Namun, Jerman, Jepang, Polandia, Australia, Kanada, Amerika juga Dubai dan Rusia," ucap peraih BJ Habibie Technology Award 2015 dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Namun, saat ini Ia masih terus menimbang-nimbang keputusan terberatnya itu sembari menghormati kajian yang sedang dilakukan oleh pihak terkait teknologinya itu.

"Kemungkinan sekarang buat saya: 25% tetap mengembangkan di Indonesia, 25% di luar, 50% saya akan hibahkan ke organisasi non-profit di mana saja yang bisa mengembangkannya menjadi produk yang bisa diakses oleh masyarakat. Berarti belum ada kemungkinan yang mencapai 51%," katanya.

Sebelumnya, hasil risetnya itu mengundang pro dan kontra. Dari sisi medis, alat tersebut belum terbukti sembuhkan kanker. Namun, Warsito mengklaim jika alatnya tersebut sudah banyak menyembuhkan penderita kanker.

Sumber: merdeka.com

Share this article :

0 komentar :

Posting Komentar



 
Support : Link | Link | Your Link
Copyright © 2017. DPD PKS KOTA PADANGSIDIMPUAN - All Rights Reserved