Home » » Walau Di Penjara, Ongen Terus Berinovasi Bikin 'Perahu' Yang Membuat Decak Kagum

Walau Di Penjara, Ongen Terus Berinovasi Bikin 'Perahu' Yang Membuat Decak Kagum

Written By PKS KOTA PADANGSIDIMPUAN on Minggu, 03 Januari 2016 | 09.03


[PORTAL PIYUNGAN] Direktur Indonesia Maritim Institute (IMI) DR. Yulian Paonganan atau Ongen terus berinovasi. Meski mendekam dalam sel tahanan karena tuduhan penghinaan terhadap presiden Jokowi, dia tetap membuat karya berupa perahu dari bahan koran.

Bahkan, istri Ongen, Elis Lembang menceritakan bahwa suaminya memiliki anak binaan di dalam sel tahanan Bareskrim Mabes Polri.

"Suami saya membina anak-anak untuk membuat kreasi dari bahan koran bekas, dengan peralatan sederhana beliau membuat perahu dari koran bekas yang memuat tentang kasusnya," ungkap dia saat berbincang dengan redaksi RMOL, Sabtu (2/1).

Elis bilang, perahu tersebut dibuat dengan alat seadanya. Mulai dari lem kayu hingga pisau cukur kumis digunakan oleh Ongen untuk mewujudkan inovasinya.

"Mereka sudah berhasil membuat sembilan unit yang akan dijual Rp 5 juta sampai Rp 10 juta, tergantung ukuran," ungkapnya.

Selain memiliki anak binaan, kisah Elis, suaminya juga kerap memberikan nasehat kepada teman-teman tersangka lainnya untuk mengarahkan ke arah yang benar.

"Setelah mereka keluar, suami saya akan menampungnya untuk dibina ke arah yang lebih baik," terangnya.

Saat ditanya, siapa yang membuat perahu itu, Elis mengungkapkan itu dibuat oleh Farhan dengan ide dari suaminya. Farhan adalah tersangka uang palsu. Kata Elis, dengan peralatan sederhana, Farhan mampu membuat uang palsu 95 persen mirip.

"Perahu yang dirancang dan dibuat suami saya dan teman-temannya ini saya kira adalah pengembangan seni maritim yang sangat luar biasa," jelasnya.

Ongen juga akan membuat Drone dari bahan koran bekas yang niatnya bakal dijadikan souvenir.

"Suami saya terus berinovasi untuk maritim bangsa Indonesia, inovasinya tidak terhalang jeruji besi," ujarnya.

Tidak hanya itu, lanjut Elis mengatakan jika ada yang ingin memiliki perhau tersebut bisa datang langsung ke Mabes polri.

"Bagi teman-teman yang ingin memiliki perahu miniatur dari bahan koran bekas ini bisa memesannya ke sel Bareskrim," demikian Elis.

Perahu kertas kreasi Ongen ini ramai dibicarakan di jejaring sosial media Twitter dengan hestek #OngenTop. Banyak netizen yang mengunggah foto 'Perahu Kertas Ongen' yang membuat decak kagum.

"lihat... lihat tweeps... ongen menyebutnya sbg "Seni Maritim" #OngenTop," cuit netizen @nonarray.

Saking ramainya cuitan netizen, hestek #OngenTop jadi trending topik twitter.


Share this article :

0 komentar :

Posting Komentar



 
Support : Link | Link | Your Link
Copyright © 2017. DPD PKS KOTA PADANGSIDIMPUAN - All Rights Reserved